• 10 hal yang termasuk fitrah / kesucian


    Saudaraku yang dirahmati Allah SWT, sesungguhnya agama Islam adalah agama yang sempurna dan telah mengatur berbagai macam perkara yang akan mendatangkan kebaikan bagi tiap2 hambanya. 
    Di antaranya, agama ini telah mengajarkan kepada umatnya mengenai sunah-sunah fitrah/kesucian. Sunah-sunah ini merupakan kebiasaan yang sudah dilakukan oleh orang-orang terdahulu. Maka sangatlah baik sekali jika kita memperhatikan pembahasan berikut ini.
    Memotong kuku termasuk sunnah fitrah/kesucian

    Pengertian Sunah Fitrah/Kesucian
    Pengertian Sunnah yaitu perbuatan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, yang apabila dilakukan akan mendatangkan pahala bagi pelakunya dan jika tidak dikerjakan tidak berdosa,
    Pengertian Fitrah/Kesucian yaitu Jika dilakukan menjadikan pelakunya sesuai dengan tabiat  yang telah Allah tetapkan bagi para hambanya, yang telah dihimpun bagi mereka, Allah menimbulkan rasa cinta (mahabbah) terhadap hal-hal tadi di antara mereka, dan jika hal-hal tersebut dipenuhi akan menjadikan mereka memiliki sifat yang sempurna dan penampilan yang bagus, hal ini merupakan sunah para Nabi terdahulu dan telah disepakati oleh syariat-syariat terdahulu. Maka seakan-akan hal ini menjadi perkara yang jibiliyyah (manusiawi) yang telah menjadi tabi’at bagi mereka. (Lihat Shohih Fiqhis Sunah, I/97).
    Faedah Mengerjakan Sunah Fitrah
    Berdasarkan hasil penelitian pada Al Quran dan As Sunah, diketahui bahwa perkara ini akan mendatangkan maslahat bagi agama dan kehidupan seseorang, di antaranya adalah akan memperindah diri dan membersihkan badan baik secara keseluruhan maupun sebagiannya. (Lihat Shohih Fiqhis Sunah, I/97).
    Ibnu Hajar rahimahullah berkata, bahwa sunah fitrah ini akan mendatangkan faedah diniyyah dan duniawiyyah, di antaranya, akan memperindah penampilan, membersihkan badan, menjaga kesucian, menyelisihi simbol orang kafir, dan melaksanakan perintah syariat. (Lihat Taisirul ‘Alam, 43).
    Dalil Pelaksanaan
    Hadits Rasulullah SAW.
    أَخْبَرَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ أَنْبَأَنَا وَكِيعٌ قَالَ حَدَّثَنَا زَكَرِيَّا بْنُ أَبِي زَائِدَةَ عَنْ مُصْعَبِ بْنِ شَيْبَةَ عَنْ طَلْقِ بْنِ حَبِيبٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عَائِشَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشْرَةٌ مِنْ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَقَصُّ الْأَظْفَارِ وَغَسْلُ الْبَرَاجِمِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَالِاسْتِنْشَاقُ وَنَتْفُ الْإِبْطِ وَحَلْقُ الْعَانَةِ وَانْتِقَاصُ الْمَاءِ قَالَ مُصْعَبٌ وَنَسِيتُ الْعَاشِرَةَ إِلَّا أَنْ تَكُونَ الْمَضْمَضَةَ
    Telah mengkhabarkan kepada kami Ishaq bin Ibrahim, dia berkata; telah memberitakan kepada kami Waki', dia berkata; telah menceritakan kepada kami Zakariya bin Abu Zaidah dari Mush'ab bin Syaibah dari Thalq bin Habib dari Abdullah bin Az Zubair dari Aisyah dari Rasulullah : "Sepuluh perkara yang termasuk fithrah yaitu;
    1. Memotong kumis,
    2. Memotong kuku,
    3. Mencuci ruas-ruas jari,
    4. Memanjangkan   jenggot,
    5. Menggosok gigi,
    6. Memasukkan air ke hidung ketika berwudhu,
    7. Mencabut bulu ketiak,
    8. Mencukur bulu kemaluan,
    9. Meristinja`   menggunakan air.
    10. Mush'ab berkata; "Saya lupa yang ke sepuluh, kecuali berkumur-kumur."
    (HR. An-Nasa'i No 4954)

    Itulah teman-teman 10 fitrah/kesucian yang Nabi kita tercinta contohkan, semoga bermanfaat  ya..! dan menjadikan kita pribadi yang baik lagi dengan mengikuti sunnah2-NYA.


    Tidak ada komentar:

    Write a Comment


    Top